Kamis, 28 Februari 2013

Cara Mudah untuk Diet

Bagaimana cara mudah dan alami untuk menjaga berat badan? Nah, saya akan mencoba berbagi tips-tips mengenai cara mudah untuk diet dengan cara alami.

Berikut ini cara mudah untuk diet dengan cara alami :

1. Berolahraga
Cara ini merupakan cara umum untuk menurunkan berat badan. Anda bisa memulai dengan olahraga kecil seperti jalan ditempat, lari kecil, dan lainnya. Agar lebih efektif Anda bisa membuat jadwal rutin berolah raga. Berlatih selama 30 menit setiap hari dalam sepekan dapat membakar 100 sampai 200 kalori.

2. Hindari Minuman Bersoda
Bila Anda sudah terbiasa meminum minuman bersoda maka mulai saat ini kurangi atau tinggalkan minuman tersebut. Karena didalam sebotol kecil minuman bersoda tersebut terdapat 250 kalori yang berasal dari gula. Bagi wanita yang sering mengkonsumsi minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terserang obesitas. Bahkan bukan hanya obesitas, namun juga diabetes dan osteoporosis.

3. Hindari Fast Food

Tahukah Anda kalau makanan cepat saji mengandung banyak kalori. Dan kalori dalam makanan cepat saji tersebut kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Maka kurangi konsumsi makanan cepat saji, alangkah lebih baiknya jika Anda dapat memasak sendiri makanan yang akan dikosumsi sehingga Anda dapat mengetahui seberapa banyak kandungan kalori pada makanan tersebut.

4. Hindari Makanan atau Minuman yang Manis
Makanan atau minuman yang manis mengandung banyak kandungan gula yang tinggi, sehingga sangat mungkin untuk memicu obesitas. Tidak hanya obesitas saja, namun juga dapat memicu penyakit diabetes. Jadi menghindari makanan atau minuman yang manis sangat penting untuk kesehatan Anda.

5. Hindari Makanan Pedas
Makanan pedas merupakn makanan yang meningkatkan hasrat makan. Dengan makanan pedas Anda akan makan lagi dan lagi, tanpa terasa berapa banyak makaanan yang telah Anda konsumsi. Jadi, untuk kalian penggemar makanan pedas lebih baik mengurangi makanan tersebut.

6. Perbanyak Buah dan Sayur
Gantilah kebiasaan anda makan keripik buah dan sayur yang mengandung serat tinggi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan 2 keuntungan, yakni mengurangi berat badan dan mendapatkan nutrisi yang sehat dari buah dan sayur.

7. Minumlah Sebelum Makan
Tahukah anda ternyata minum air putih 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar anda. Jadi 5-10 menit sebelum makan pastikan anda minum air putih terlebih dulu, ini bisa mengurasi porsi makan anda, karena anda sudah merasa sedikit kenyang.

8. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet
Nah cara yang satu ini terbilang unik dan modern. Yakni dengan aplikasi program diet. Sekarang sudah banyak sekali aplikasi untuk membantu memudahkan program diet. Anda bisa mencarinya di Google atau tempat aplikasi sesuai gadget anda, misal kalau android bisa mengunjungi Android Market.

9. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah
Solusi jika ingin langsing dalam waktu cepat adalah mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi karena sulit dicerna, tubuh jadi menggunakan banyak energi yang berguna mengurangi kalori. Nasi merah, kentang (rebus), dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.

10. Hindari Makanan yang Digoreng
Konsumsilah makanan yang direbus, panggang, pepes, kukus atau sup. Dan kurangi makanan yang digoreng. Ini dikarenakan makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh.

11. Kurangi Porsi Makan dan Makanlah Lebih Sering Dalam Porsi Kecil
Bila Anda sudah terbiasa makan berlebih, mulai sekarang mulailah porsi makan Anda. Tentu hal ini membutuhkan kesabaran, namun dengan cara ini anda bisa menurunkan berat badan. Makan lebih sering dalam porsi kecil ini bertujuan untuk mengurangi rasa lapar anda, sehingga bisa mencegah rasa lapar dan hasrat ingin makan yang berlebihan.

12. Jangan makan diatas jam 18.00
Karena pada jam-jam diatas itu aktivitas tidak seperti jam-jam sebelumnya, jadi kemunkinan lemak terbuang melalui keringat akan minim sekali.

13. Hindari Makanan dengan Didampingi Minuman Dingin
Hal ini akan memicu lemak membeku sehingga lambung sulit untuk mencerna. Dengan demikian lemak akan susah dihancurkan dan dapat memicu menambahnya berat badan.
Berikut cara-cara mudah untuk diet dengan cara alami dan masih banyak cara lain yang bisa Anda tempuh untuk menjaga berat badan. Semoga posting saya ini dapat bermanfaat untuk kalian semua 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar